Wednesday, April 27, 2005

still smookin..?

setiap perokok pasti punya citacita yang mulia untuk berhenti merokok. tementemen saya selalu mengeluh ga nemu cara yang tepat buat berenti merokok. for temporary mereka berhenti, but in the other time, merokok lagi. ada juga yang ngurangin dikitdikit, but doesnt work.
pengalaman my daddy mungkin bisa jadi pertimbangan. beliau perokok berat, sampe anakanaknya, termasuk saya, rada males deket, abis bau rokok banget. ibu ngomel coz lantai yang baru disapu kemabali ditaburi abu rokok. one day, dokter vonis beliau agar ngurangin merokok karena something wrong di paruapru akibat rokok. alhamdulillah beliau langsung STOP bukan NGURANGIN dikitdikit. sampe sekarang udah satu dasawarsa beliau gak ngerokok lagi.
so the conclusion is, berenti langsung aja dengan niat yang kuat, jangan pake cara ngurangin dikitdikit, karena mungkin ga nyadar bakal kembali ke pola merokok yang dulu. coba deh...lagian kasian kan orangorang yang disekitar kamu yang kena asep, palagi yang idungnya sensi bgt, blom lagi bau yang nempel dibaju mereka..duh ga adil kan...

berikut ada beberapa fakta yang berkenaan dengan rokok yang mungkin bisa jadi pertimbangan...
sekitar 20 menit setelah sebatang rokok terakhir nongkrong di bibir, takanan darah akan menurun, gegitu pula dengan detak jantung.
setelah delapan jam, tingkat kadar carbon mono oxide di dalam darah menjadi normal. sebaliknya, kadar oksigen dalam darah meningkat kelevel normal. dua hari kemudian, ujungujung syaraf muali tumbuh kembali, indera penciuman dan perasa menjadi lebih baik....

well guys/gals still smookin..?